Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
Nama : Tri Yanti Sulistriaji Ningrum
NIM : 240211105681
Kelas :
IPA-01
Tugas : Aksi NyataTopik 6
AKSI NYATA
Mulai dari diri
·
Apa
yang anda pikirkan tentang topik sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran,
saya berpikir bahwa topik isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik adalah topik yang penting
dan relevan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Topik ini membahas
berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran, serta berbagai solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi
tantangan tersebut. Saya berpikir bahwa topik ini penting karena pendidikan
memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Pendidikan dapat membantu
peserta didik untuk mengembangkan potensinya menjadi warga Negara yang
bertanggung jawab dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu,
perlu untuk memahami berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran agar dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas
dan merata bagi semua peserta didik. Saya juga berpikir bahwa topik ini relevan
dengan kehidupan berbangsa dan bernegara karena berkaitan dengan berbagai aspek
kehidupan masyarakat, seperti sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Topik ini
dapat membantu untuk memahami berbagai faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran, serta berbagai solusi yang dapat dilakukan untuk
mengatasi tantangan tersebut.
Eksplorasi Konsep
·
Apa
yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?
Dari konsep
yang saya pelajari dalam topik isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, saya belajar
bahwa: (1) pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh
berbagai faktor, termasuk faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. (2) Peserta
didik adalah individu yang unik dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda.
(3) Guru perlu memahami keragaman peserta didik agar dapat memberikan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (4) Ada berbagai
tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran,
seperti perbedaan budaya, bahasa, ekonomi, dan kebijakan pendidikan. (5) Solusi
untuk mengatasi tantangan tersebut perlu melibatkan berbagai pihak, seperti
pemerintah, sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Selain
bekerja sama dengan berbagai pihak, saya juga belajar pendekatan, strategi,
metode, dan tekhnik yang sesuai digunakan sebagai scaffolding pada peserta
didik. Hal ini saya peroleh dari menyaksikan video inspiratif ibu Sitti Habibah
yang menerapkan pendekatan personal untuk memberikan pemahaman kepada
masyarakat suku Asmat tentang pentingnya bersekolah. Beliau juga menggunakan
strategi pemberian makan setiap satu minggu dua kali untuk menarik minat
anak-anak suku Asmat agar mau belajar. Metode yang digunakan pun menyesuaikan
dengan kebutuhan anak-anak yaitu metode drill hal ini dikarenakan peserta didik
masih kesulitan membaca.
Ruang Kolaborasi
·
Apa
yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang
kolaborasi?
Dalam ruang
kolaborasi kami berbagi pandangan terkait isu-isu penyelenggaraan pendidikan
dan pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kami percaya
bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik merupakan hal yang sangat
penting untuk dibahas dan dicari solusinya. Isu-isu ini dapat mempengaruhi
proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik, sehingga perlu dicarikan
solusi yang tepat agar dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas dan merata
bagi semua peserta didik. Menurut kami ada beberapa hal yang dapat dilakukan
untuk mengatasi isu-isu tersebut seperti menjadi guru profesional dan
berintegritas, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua
peserta didik, menggunakan berbagai pendekatan, startegi, metode dan teknik
sebagai scaffolding yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, bekerja sama
dengan orang tua dan masyarakat untuk mendukung pembelajaran peserta didik.
Kami percaya bahwa dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan pendidikan yang
lebih baik bagi semua peserta didik.
Demonstrasi kontekstual
·
Apa
hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda
jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal yang
penting saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual bersama para rekan
adalah bagaimana menyikapi tantangan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Kami saling
bertukar pendapat dan menemukan kesepakatan bahwa pentinganya bagi guru untuk
memahami latar belakang peserta didik baik dari sosial, budaya, ekonomi, dan
politiknya. Hal ini akan menjadi dasar pertimbangan dalam menyusun dan
merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Sehingga dalam hal ini, kami juga belajar pendekatan, strategi, metode, dan
teknik yang dapat digunakan sebagai scaffolding untuk membantu permasalahan
peserta didik.
Elaborasi pemhaman
·
Sejauh
ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini?
Sejauh
ini saya memahami bahwa setiap peserta didik adalah individu yang unik dan
memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini penting untuk dipahami agar
dapat memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain
itu, saya juga belajar berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang digunakan sebagai scaffolding peserta didik untuk mengatasi
tantangan dalam pembelajaran seperti perbedaan bahasa, budaya, dan ekonomi. Topik
ini juga membuka kesadaran saya pentingnya pendidikan bagi pembangunan bangsa. Hal
ini mendorong saya untuk menjadi guru yang lebih baik dan memberikan dampak
positif bagi peserta didik.
·
Apa
hal baru yang anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran?
Sebelum
memulai pembelajaran, saya memiliki beberapa pemahaman awal tentang topik
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosial,
budaya, ekonomi, dan politik. Saya memahami bahwa pendidikan adalah suatu
proses yang penting untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan
mereka untuk menjad warga Negara yang bertanggung jawab. Saya juga memahami
bahwa ada berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran, seperti perbedaan budaya, bahasa, ekonomi, dan kebijakan
pendidikan. Namun setelah mempelajari topik ini, saya memiliki pemhaman yang
lebih komprehensif dan mendalam. Berikut adalah hal baru yang saya pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran: (1) Pendidikan adalah
suatu proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk
faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Faktor-faktor ini saling terkait
dan dapat mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran secara
langsung maupun tidak langsung. (2) peserta didik adalah individu yang unik dan
memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Guru perlu memahami keragaman
peserta didik agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
peserta didik, seperti menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran sebagai scaffolding. (3) ada berbagai tantangan yang dihadapi
dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, baik dari segi sosial,
budaya, ekonomi, maupun politik. Tantangan-tantangan ini dapat menghambat akses
dan kualitas pendidikan yang diterima peserta didik. (4) Solusi untuk mengatasi
tantangan perlu melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah, sekolah,
masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Kerja sama yang erat dari berbagai
pihak diperlukan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi
semua peserta didik.
·
Apa
yang ingin anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana cara untuk mengatasi tantangan yang ada terkait isu-isu tersebut secara holistic dan berkelanjutan? Serta bagaimana peran pemerintah sekolah, masyarakat dan pemanku kepentingan lainnya dalam mengatasi tantangan tersebut? dan tidak kalah penting pertanyaan mengenai bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi bangsa?
Koneksi antar materi
·
Apa
yang anda pelajari dari koneksi antara materi baik di dalam mata kuliah yang
sama maupun dengan mata kuliah lain?
Hal
yang saya pelajari dari koneksi antar materi ini adalah isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran terkoneksi dengan mata kuliah lain seperti
pemahaman peserta didik, asesmen pengajaran, dan filosofi pendidikan yang dapat
dilihat pada Gambar di bawah ini:
Gambar 1: Koneksi antar materi
Aksi nyata
·
Apa
manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan anda sebagai guru?
Manfaat
pembelajaran isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk kesiapan saya sebagai
guru adalah sebagai berikut: (1) meningkatkan pemahaman saya tentang
kompleksitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Topik ini membahas
berbagai faktor yang dapat mempengaruhi penyelengggaraan pendidikan dan
pembelajaran baik dari segi sosial, budaya, ekonomi, maupun politik. Dengan memahami
faktor-faktor ini, saya dapat lebih memahami tantangan yang dihadapi dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. (2) meningkatkan kemampuan saya
untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Dengan memahami keragaman peserta didik, saya dapat mengembangkan pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang lebih efektif dan dapat mencapai
hasil belajar yang optimal bagi semua peserta didik. (3) meningkatkan kesadaran
saya tentang peran guru dalam masyarakat. Topik ini membahas peran guru dalam
menciptakan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua peserta didik.
Dengan memahami peran ini, saya dapat menjadi again perubahan yang dapat
memberikan dampak yang lebih positif bagi masyarakat.
·
Bagaimana
anda menilai kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya
menilai kesiapan saya saat ini sebagai 8 dalam skala 1-10 untuk mengajar dengan
memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah
dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada peserta didik. Hal
ini dikarenakan saya memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk mempelajari
isu-isu tersebut. Namun saya masih perlu mengembangkan keterampilan saya dalam
hal menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua peserta
didik, menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sebagai scaffolding, serta membangun
hubungan yang positif dengan peserta didik.
·
Apa
yang perlu anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Hal
yang perlu saya persiapkan adalah meningkatkan pemahaman saya tentang keragaman
peserta didik. Saya perlu memahami bahwa setiap peserta didik memiliki latar
belakang yang berbeda-beda, termasuk latar belakang sosial, budaya, ekonomi,
dan politik. Dengan memahami keragaman peserta didik, saya dapat mengembangkan
pendekatan, strategi, metode, dan tekni pembelajaran sebagai scaffolding yang
lebih efektif dan dapat mencapai hasil belajar yang optimal bagi semua peserta
didik.
Komentar
Posting Komentar